Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
Home » Blog  »  Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Jika Anda memiliki, mengelola, memonetisasi, atau mempromosikan konten online melalui Google Penelusuran, artinya panduan ini ditujukan untuk Anda. Panduan ini juga sesuai untuk pemilik bisnis yang sedang berkembang, pemilik situs yang mengelola puluhan situs, spesialis SEO di agensi web, atau bagi Anda yang tertarik dengan mekanisme Penelusuran dan ingin belajar SEO secara autodidak. Jika tertarik untuk mengetahui ringkasan lengkap tentang dasar-dasar SEO sesuai dengan praktik terbaik kami, Anda telah membuka konten yang tepat. Panduan ini tidak akan serta-merta menyulap situs Anda agar menduduki peringkat pertama di Google. Namun, berbagai praktik terbaik di bawah ini dapat memudahkan mesin telusur dalam meng-crawl, mengindeks, dan memahami konten Anda.

Sering kali, pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah tentang melakukan perubahan-perubahan kecil di beberapa bagian situs Anda. Jika dilihat secara terpisah, perubahan ini mungkin terlihat seperti peningkatan bertahap, namun jika digabungkan dengan pengoptimalan lainnya, perubahan ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada performa dan pengalaman pengguna di situs Anda dalam hasil penelusuran organik. Banyak hal yang tercakup dalam topik-topik ini adalah elemen utama pada halaman web, dan Anda mungkin sudah cukup paham dengan sebagian besar di antaranya. Namun, bisa jadi Anda tidak memanfaatkannya secara optimal.

Anda harus membuat situs untuk memberi manfaat bagi pengguna Anda, dan mengarahkan setiap pengoptimalan untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik. Salah satu pengguna tersebut adalah mesin telusur, yang membantu pengguna lain menemukan konten Anda. SEO adalah tentang membantu mesin telusur memahami dan menampilkan konten. Situs Anda mungkin lebih kecil atau lebih besar dari situs contoh kami, dan menawarkan konten yang sangat berbeda, tetapi topik pengoptimalan dalam panduan ini dapat diterapkan ke situs dengan segala ukuran dan jenis. Kami berharap panduan ini memberikan beberapa ide baru tentang cara meningkatkan performa situs Anda. Jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan, masukan, dan kisah sukses Anda di Komunitas Bantuan Pusat Google Penelusuran.

Berikut adalah glosarium singkat tentang istilah penting yang digunakan dalam panduan ini:

  • Indeks - Google menyimpan semua halaman web yang diketahuinya di indeks Google. Entri indeks untuk setiap halaman mendeskripsikan konten dan lokasi (URL) halaman tersebut. Mengindeks adalah saat Google mengambil sebuah halaman, membacanya, dan menambahkannya ke indeks: Google mengindeks beberapa halaman di situs saya hari ini.
  • Crawl - Proses pencarian halaman baru atau yang diperbarui. Google menemukan URL dengan mengikuti link, membaca peta situs, dan melalui beberapa cara lainnya. Google meng-crawl web, mencari halaman baru, lalu mengindeksnya (jika sesuai).
  • Crawler - Software otomatis yang meng-crawl (mengambil) halaman dari web dan mengindeksnya.
  • Googlebot - Nama umum crawler Google. Googlebot meng-crawl web secara terus-menerus.
  • SEO - Pengoptimalan mesin telusur: proses untuk membuat situs Anda menjadi lebih baik bagi mesin telusur. Selain itu, SEO juga merupakan jabatan yang diemban oleh orang yang bekerja dalam bidang ini: Kami baru saja mempekerjakan SEO baru untuk meningkatkan kemunculan situs kami di web.

Apakah Anda ada di Google?

Mencari tahu apakah situs Anda tercantum di indeks Google

Lakukan penelusuran site: untuk URL beranda situs Anda. Jika hasilnya muncul, berarti situs Anda tercantum di indeks. Misalnya, penelusuran untuk site:wikipedia.org menampilkan hasil ini.Operator site: tidak selalu menampilkan semua URL yang diindeks dengan awalan yang ditentukan dalam kueri. Pelajari lebih lanjut operator site:.

Jika situs Anda tidak berada di Google

Meskipun Google meng-crawl miliaran halaman, tidak tertutup kemungkinan bahwa ada beberapa situs yang terlewat. Jika crawler kami melewatkan situs tertentu, hal ini sering kali disebabkan oleh salah satu alasan berikut:

  • Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
  • Anda baru saja meluncurkan situs baru dan belum di-crawl Google
  • Desain situs mempersulit Google meng-crawl kontennya secara efektif
  • Google mendapatkan error saat mencoba meng-crawl situs Anda
  • Kebijakan Anda memblokir Google meng-crawl situs

Bagaimana agar situs saya dicantumkan di Google?

Google adalah mesin telusur yang sepenuhnya otomatis, yang menggunakan web crawler untuk menjelajahi web secara terus-menerus, mencari situs untuk ditambahkan ke indeks kami; Anda biasanya tidak perlu melakukan apa pun selain memposting situs Anda di web. Faktanya, sebagian besar situs yang tercantum dalam hasil penelusuran kami tidak dikirim secara manual untuk dicantumkan, tetapi ditemukan dan ditambahkan secara otomatis saat kami meng-crawl web. Pelajari cara Google menemukan, meng-crawl, dan menayangkan halaman.

Dasar-Dasar Penelusuran menguraikan elemen paling penting dalam membuat situs yang sesuai untuk Google. Meskipun tidak ada jaminan bahwa crawler kami akan menemukan situs tertentu, mengikuti Dasar-Dasar Penelusuran dapat membantu membuat situs Anda muncul di hasil penelusuran.

Google Search Console menyediakan alat-alat untuk membantu Anda mengirimkan konten ke Google dan memantau status Anda di Google Penelusuran. Jika diinginkan, Search Console bahkan dapat mengirimkan pemberitahuan tentang masalah kritis yang dihadapi Google di situs Anda. Mendaftarlah ke Search Console.

Berikut adalah beberapa pertanyaan dasar tentang situs Anda sebagai acuan saat memulainya.

  • Apakah situs saya muncul di Google?
  • Apakah saya memberikan konten berkualitas tinggi bagi pengguna?
  • Apakah bisnis lokal saya muncul di Google?
  • Apakah konten saya bisa diakses dengan cepat dan mudah di semua perangkat?
  • Apakah situs saya aman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *