Di era modern dan seba digital kini, segala suatu hal menjadi berubah karena adanya peran teknologi dan terutama internet. Salah satunya adalah bisnis yang kini sudah sangat usang jika dijalankan secara konservatif. Oleh karena itu tidak heran jika kini banyak sekali bisnis di masa kini dijalani melalui 2 hal yaitu offline dan online.
saat ini makin banyak pengusaha yang sudah melek internet. Bahkan sudah banyak pemilik usaha yang bisa membuat website sendiri dan memiliki tim untuk mengelola website bisnisnya.
1. Meningkatkan kredibilitas usaha kecil
Ya keuntungan memiliki website untuk bisnis anda yang pertama adalah meningkatkan kredibilitas usaha kecil. Jadi jika usaha anda masih kecil, tidak usah khawatir karena anda bisa meningkatkan kredibilitas nya melalui website.
anda yang memiliki bisnis rumahan, memiliki website atau situs bisnis tersendiri akan sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda jual ke konsumen.
2. Menjangkau target market yang lebih luas dan pas
Anda yang memiliki perusahaan yang sudah cukup stabil, website akan membuat anda menjangkau target market dengan lebih luas.
website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. karena selain mudah diakses juga menjangkau hingga ke berbagai daerah terpencil sekalipun selama ditempat itu ada jaringan internet.
3. Menghemat Uang
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda belum mampu membuat sebuah website yang unik menarik ataupun memiliki tampilan secara profesional.
Namun, coba bandingkan biaya membuat website dengan biaya anda jika memasang iklan di surat kabar, ketika Anda bisa melihat pasar potensial yang dapat Anda capai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.
4. Bisa Selalu terhubung dengan pelanggan
memiliki website untuk bisnis anda adalah karena membuat anda jadi mampu untuk terhubung selalu dengan konsumen anda. Melalui website anda bisa memahami keinginan konsumen, bahkan hingga berinteraksi baik itu melalui live chat ataupun telepon.
Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, melalui situs web Anda bisa memberikan informasi yang senantiasa up to date dan yang pasti akan lebih disukai oleh para konsumen.
5. Mudah Diakses
website dapat diakses oleh anda sendiri, konsumen, calon konsumen, hingga pelanggan setia Anda tanpa batas kapan saja dan dimana saja.
Fungsi yang paling bagus adalah walaupun saat toko atau kantor offline Anda sedang tutup, konsumen anda akan bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda
6. Sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio)
website adalah sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio). Ya, tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda.
Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda menjadi semakin unik.
7. Menghemat Waktu
memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.
Melalui katalog online, Anda bisa memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda secara cepat dan lebihh efisien
8. Meningkatkan pelayanan ke pelanggan
Pelayanan ke pelanggan anda pasti akan semakin meningkat. Apalagi dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda